Tingkatkan Kompetensi Kepanduan, PGSD UMP – Kwarda HW Purworejo Tandatangani MoU

0
36

Purworejo (10/1/18) – Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang kepanduan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purworejo (PGSD UMP) meneken MoU (memorandum of understanding) bersama Kwartir Daerah Hizbul Wathan (Kwarda HW)  Kabupaten Purworejo pada Rabu (10/1) di Ruang Rapat Rektorat UMP. Dalam penandatangan kerja sama ini diwakili paraf oleh Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. selaku Wakil Rektor 4 UMP Bidang AIK dan Kerjasama yang kemudian ditandatangani oleh Rektor  dengan Heri Supriyanto, S.T. sebagai Ketua Kwarda HW Kabupaten Purworejo.

“Tujuan MoU ini guna menjalin kerjasama kegiatan HW yang mana di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan mata kuliah kepanduan wajib ditempuh  untuk mahasiswa semester 3. Mata kuliah kepanduan didalamnya memuat Kepanduan Hizbul Wathan dan Kepanduan Pramuka,”ungkap Heri Supriyanto, S.T.

Ditambahkan Titi Anjarini, M.Pd. Ketua Program Studi PGSD UMP bahwasanya kegiatan kepanduan HW diharapkan ada proses pembelajaran yang menguatkan fisik, mental dan memperindah akhlaq. “Sehingga lulusan PGSD UMP bisa siap dimanapun tempat mengajarnya. Materi kepanduan menjadi bekal penting ketika mereka menjadi guru sekolah dasar nantinya,”ujarnya.

Kerjasama ini didukung penuh oleh pihak rektorat dan selanjutnya akan bersifat umum di UMP. “Karena penandatanganan kerjasama oleh rektor maka sifatnya umum bagi seluruh prodi. Sedangkan dalam pelaksanaannya diawali oleh PGSD UMP. Adapun dalam pelaksanaannya dapat berupa kegiatan kurikuler ataupun akademik dengan kewenangannya dibawah Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, terkait kemahasiswaan dibawah kewenangan Wakil Rektor 3 dan terkait kerjasama dibawah kewenangan Wakil Rektor 4. Sehingga tidanklanjutnya disesuaikan dengan arahan atau kebijakan program studi,”ungkap Rofiq Nurhadi.

Adapun kerjasama ini akan ditindak lanjuti berupa pelaksanaan Pelatihan Jaya Melati 1 untuk mahasiswa semester 3 PGSD UMP.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here