PELATIHAN JAYA MELATI 1 (SATU) JEPARA

0
268

Jepara 22/10/2017, Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Jepara tanggal 18 – 22 Oktober 2017 menyelenggarakan Perkaderan berupa Pelatihan Jaya Melati I (Kursus Pelatih Qabilah Tingkat Dasar) di SMK Muhammadiyah 1 Keling – Jepara, yang diikuti sejumlah 50 puluh peserta terdiri dari beberapa daerah meliputi Kwarda HW Pati, Kwarda HW Blora, Kwarda HW Rembang dan Kwarda HW Jepara.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua PDM Jepara yang dihadiri pula Sekretaris PDM Jepara, Dikdasmen PDM Jepara, PCM Keling dan Dikdasmennya serta Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah. Dalam Sambutannya “Dengan adanya Pelatihan ini semoga Hizbul Wathan Kabupaten Jepara yang sudah lama tidak ada gerakan, dapat memberi motivasi untuk bangkit kembali, ujar Ketua PDM Jepara.
Personal Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Jepara sampai hari ini masih sisa 2 orang yang masih aktif yaitu Ketua dan Sekretaris II, dengan adanya pelatihan jaya melati I ini semoga segera terbentuk pula Susunan Pimpinan Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Jepara periode 2016-2021, ujar Ketua Kwarda HW Jepara dalam sambutannya.
Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah yang dihadiri oleh Koordinator Wilayah Karesidenan Pati Ramanda Sri Widojo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelatihan Jaya Melati adalah Kursus Perkaderan di Hizbul Wathan untuk mencetak Pelatih-Pelatih Qabilah. Dengan begitu para alumni Pelatihan Jaya Melati I ini dapat ikut mengembangkan pelatihan di Qabilah masing-masing. Untuk menjadi Ahli Pandu maka Alumni Jaya Melati I diharapkan dapat mengikuti jenjang perkaderan lanjutan yaitu Pelatihan Jaya Melati II (Ahli Pandu), dimana akan menyesuaikan jurusan masing-masing, Ujar Ramanda Sri Widojo.

Dalam hal ini Ramanda Sri Widojo menyerahkan sepenuhnya pelatihan jaya melati I kepada Ramanda Taufiq yang ditugasi oleh Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan sebagai Pemimpin Pelatihan dibantu dengan 7 orang pelatih diantara Ramanda Wartono, Ramanda Ragil Kuat Haryadi, Ramanda Khayun Fulanun, Bunda Ismokoweni, Bunda Nila Sari, Bunda Lesmonowati dan Bunda Akila dengan Materi sesuai Pedoman Pelatihan Jaya Melati I dan pengembangannya berupa praktek-praktek lapangan.
Pelatihan Jaya Melati I ditutup pada hari Ahad, 22 Oktober 2017, yang dihadiri oleh Sekretaris Dikdasmen PDM Jepara. Dalam Sambutannya, Adanya Pelatihan Jaya Melati I ini tidak ada lagi alasan setiap Sekolah tidak memiliki Pelatih. Sehingga setelah ini setiap Sekolah wajib menyelenggarakan Pelatihan Hizbul Wathan karena sudah ada pelatihannya. Majlis Dikdasmen PDM Jepara sudah lama menginformasikan semua Qaidah/Edaran kepada Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah Bidang Pendidikan, termasuk didalamnya Kepala Sekolah wajib menggerakkan Hizbul Wathan satu-satunya Kepanduan di Pendidikan Muhammadiyah, Tapak suci satu-satunya Seni beladiri di Pendidikan Muhammadiyah dan IPM satu-satunya Organisasi Intra Sekolah Di Pendidikan Muhammadiyah, Ujar Sekretaris Dikdasmen PDM Jepara.
Diakhir Penutupan Pelatihan Jaya Melati I, Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Jepara Melakukan Musyda secara sederhana yang akhirnya tersusun 13 formatur yang terdiri dari para alumni Jaya Melati I dan Personal Kwarda periode lalu. (MTQ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here