Pandu HW Putri Kota Tembakau Bertransformasi Menuju Peradaban yang Berkemajuan

0
179

Tembarak – (18 – 19 Januari 2018). Dewan kerabat Qobilah Fathimah Az-Zahra MA Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Kabupaten Temanggung mengadakan kegiatan pelatihan dasar dewan kerabat atau yang disebut dengan istilah “Rayadinata”. Kegiatan ini diikuti oleh calon pengurus dewan kerabat periode 2018/2019.
Kegiatan ini dimulai pada Hari Kamis, 18 Januari 2018 pukul 13.00 WIB. Diawali dengan sambutan dari ketua panitia, ketua dewan kerabat, dan Ustad Bambang sekaligus membuka pelatihan dasar dewan kerabat (rayadinata).
Kemudian dilanjutkan dengan sesi pertama pada pukul 14.00 WIB. Materi pada sesi pertama ini adalah implementasi ideologi Muhammadiyah dan MKCHM dalam kehidupan sosilal masyarakat, yang disampaikan oleh Ustad M. Husni Assiba’i. Season pertama selesai pada pukul 15.00 WIB, lalu dilanjutkan Sholat Asar berjama’ah. Kegiatan dimulai kembali pukul 16.00, yaitu season kedua dengan materi implementasi kode kehormatan pandu HW oleh Ramanda Imam Prayogo selaku pembina Hizbul Wathan Qobilah MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak. Sesi kedua selesai pukul 17.00 WIB, dilanjutkan persiapan Sholat Maghrib. Sebagai santriwati kami tetap melakanakan jadwal yaumiyah Ponpes Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak, dan peserta tetap mengikuti kegiatan malam jum’at yaitu mengikuti tausiyah dari muddirul ma’had.
Setelah makan malam yaitu pukul 20.00 WIB kegiatan dimulai kembali, dengan agenda diskusi dan presentasi dari peserta rayadinata. Diskusi membahas meteri yang tadi disampaikan oleh pemateri dan progress report untuk periode selanjutnya. Selanjutnya peserta diminta untuk mengisi angket keminatan untuk menjadi dewan kerabat, jabatan apa yg diinginkan, dan program kerja apa yang akan dijalankan. Kemudian dilanjutkan dengan peserta mempresentasikan angket yang telah diisi. Kegiatan pada hari pertama selesai pada pukul 23.00 WIB.

”Menjadi wanita tangguh melelui Hizbul Wathan” quote dari Ustadz Bambang
“Hizbul Wahtan harus menjadi Garda Terdepan dalam memajukan madrasah, persyarikatan dan bangsa.” pesan dari Ustadz M Husni Assiba’i.
”Jabatan apa yang dipangku itu tidak penting, yang penting itu menjaga jabatan yang telah diberikan” Quotes by Nafiatun Khasanah (peserta Rayadinata)

Kegiatan hari kedua dimulai pukul 08.30 WIB dengan materi kepenghelaan dan manajemen pasukan oleh Rakanda Riski Faishal Musa dari DSD GKHW Kwarda Temanggung. Satu jam season ketiga berjalan, dilanjutkan dengan break selama 15 menit untuk peserta. Sesi keempat dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan materi manajemen diri, pasukan, dan dewan kerabat oleh Rakamda Muhammad Taufiq Ulinuha dari DSW GKHW Kwartir Wilayah Jawa Tengah. Sesi berakhir pukul 11.30 WIB, dan kemudian dimulai kembali pada pukul 13.30, dengan materi Pelatihan Baris Berbaris oleh Ibunda Juminten dari Kwarda GKHW Kabulaten Temanggung. Setelah sesi PBB, peserta dan panitia break untuk persiapan Sholat Ashar.
Setelah sholat asar, peserta kembali ke aula MA Al-Mu’min Muhammdiyah tembarak untuk mengikuti rangkaian acara rayadinata selanjutnya yaitu persiapan pentas seni (dibagi 2 kelompok, membuat yel yel, lalu yel yel di tampilkan saat api unggun.
Kegiatan dimulai kembali pada pukul 20.00, yaitu pentas seni untuk peserta yang dilaksanakan di aula. Setelah pentas seni, dilanjutkan dengan Musyawarah Pimpinan dan Anggota Dewan Kerabat sekaligus pembacaan laporan pertanggung jawaban. Memalui musyawarah qobilah itu, calon dewan kerabat baru, dab dilanjutkan pembahasan program kerja untuk periode selanjutnya. Pukul 11.00 pendidikan dasar dewan kerabat (rayadinata) ditutup oleh ketua panitia.
Dengan adanya Rayadinata ini diharapkan akan terbentuknya mental dan sikap Pengurus DK baru dan mencetak kader yang mumpuni, untuk pengelolaan dewan kerabat khususnya dan pandu penghela pada umumnya. Melalui rayadinata inilah mental, fisik, dan karakter calon pengurus DK digempa agar kelak siap menjadi kader penerus persyarikatan.

Salam Fastabiqulkhoirot

(Ayunda Sukma Latifunnajib – Ketua Dewan Kerabat Qobilah Fatimah Az Zahra MA Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Kabupaten Temanggung Periode 2016/2017)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here