Darul Arqam Kwarpus HW Usai, Ini Follow Up nya

0
219

YOGYAKARTA – Salah satu program Majelis Pendidikan Kader (MPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah adalah melaksanakan Darul Arqam (DA) untuk Organisasi Otonom Muhammadiyah (Ortom) ditingkat pusat, salah satunya adalah Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW).

DA digelar selama 3 hari (22 – 24/5) di Gedung Pertemuan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Jl. Kaliurang KM. 23 Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang diikuti seluruh Anggota Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan berjumlah 45 orang dengan tingkat kehadiran 35 peserta, 10 anggota tidak dapat mengikuti dikarenakan urusan dinas yang tidak bisa ditinggalkan dan sedang menjalani perawatan dirumah sakit (Ramanda Moeslimin).

Kegiatan DA Kwarpus HW dipimpin oleh Drs. Untung Cahyono, M.Hum sebagai Master of Training. Adapun materi yang ditempuh dalam Darul Arqam adalah Muqoddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Tuntunan Ibadah Praktis, Fathul Qulub, Outbound, Khittah Perjuangan, Manhaj Tarjih Muhammadiyah, Jihad Intelektual, Fiqih Ikhtilaf, Akhlak Kepemimpinan Muhammadiyah, Muhammadiyah & Isu Strategis Keummatan dan Kebangsaan.

Adapun rencana tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh Kwartir Pusat Gerakan KepanduanĀ  Hizbul Wathan adalah akan merevisi materi Pelatihan Jaya Matahari 1 (10-13/6), akan mengadakan Pelatihan Jaya Matahari 1 (1-8/7) dengan mengundang MPK PP Muhammadiyah sebagai Nara Sumber Ideologi Muhammadiyah, mengusulkan kepada MPK PP Muhammadiyah untuk mengadakan Darul Arqam tingkat wilayah dengan skala prioritas ortom HW dan Kwarpus HW akan menginstruksikan kepada Kwartir Wilayah HW se-Indonesia untuk mempersiapkan pelaksanaan Darul Arqam yang berkoodinasi dengan MPK tingkat wilayah.

“Dengan mengikuti Darul Arqam diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan meneguhkan ideologi anggota kwartir Pusat Hizbul Wathan ” Ungkap Ramanda Muchdi PR.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta sehingga dalam penilaian evaluasi berpredikat maximal. Sebagai peserta terbaik jatuh pada Ramanda Agus Sumri, Ramanda Zairin, dan Ramanda Harun Rasyid, sedangkan peserta favorit jatuh pada Ramanda UUN Harun Syamsudin dan Ramanda Abdul Djalil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here