Kwarda HW Grobogan Gelar Jambore Daerah

0
219

Gubug 14/9/17 – Perhelatan akbar telah usai, Kwarda Grobogan membuktikan kiprahnya pada persyarikatan. Jambore Daerah Hizbul Wathan Pertama dilaksanakan oleh Kwarda Grobogan dan Dewan Sughli Daerah selama 3 hari 2 malam yang diselenggarakan di SMA Muhammadiyah Gubug.
Diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan pada Hari Jum’at, 14 September 2017. Bertindak sebagai pembina upacara PDM Kabupaten Grobogan. ”Peserta berjumlah 400 pandu, terdiri dari 28 kawan (Athfal, Pengenal & Penghela) ” Laporan dari Panitia Jamda.
PDM Kabupaten Grobogan sendiri berpesan, jadikanlah Jamda Pertama ini sebagai awal pemicu semangat dalam ber-Hizbul Wathan, dan jangan sampai ini menjadi Jambore pertama dan terakhir, akan tetapi teruslah bergiat dan melakukan aksi nyata secara continue.
Malam harinya, materi demi materi diberikan kepada peserta, diantaranya permainan untuk golongan athfal, meniru semangat Jendral Soedirman untuk golongan pengenal dan menejemen kepemimpinan untuk golongan penghela.
Dihari kedua, kegiatan diawali dengan qiyamullail berjama’ah, kemudian disusul dengan sholat shubuh dan tadarus.
Selain mengisi pagi dengan kegiatan rohani, peserta diajak untuk membiasakan hiduo sehat dengan berolah raga. Diawali pemanasan dan kemudian dilanjutkan dengan senam maumere yang dipimpin oleh salah satu anggota Dewan Sughli Wilayah Hizbul Wathan Jawa Tengah, Rakanda Ulinuha (Ketua Bidang Kegiatan DSW) .
Adapun siang hari, panitia memberikan outbond kepada peserta. Para peserta diajak siahah (berjalan jalan) sesuai dengan rute dan pos yang sudah ditentukan. Dipos itu sendiri, para peserta diuji dengan berbagai kompetensi, diantaranya : PBB, Pionerring, Yel-yel, permainan dan lainnya.
Kemudian malam harinya, Dewan Sughli Daerah memberikan hiburan kepada seluruh peserta, panitia, dan tamu undangan dengan api unggun dan pentas seni oleh masing-masing perwakilan qobilah.
Ahad, 16 September 2017 merupakan hari terakhir pada agenda jambore kali ini.
Diawali dengan pengajian Ahad kliwon PC Muhammadiyah Gubug.
Upacara penutupan dilakukan pukul 09.00 WIB, setelah seluruh peserta merapihkan tenda-tenda, dan membersihkan area bumi perkemahan.
Apel dipimpin oleh Dewan Sughli Daerah dan selaku pembina Majelis Pendidikan Dasar & Menengah (Dikdasmen) PDM Grobogan.
Seusai upacara penutupan, dilanjutkan dengan pembacaan hasil perolehan lomba-lomba yang diikuti oeh seluruh peserta.
“Kegiatannya menarik dan asyik” Kata dari salah seorang peserta dari golongan athfal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here