JALIN KEAKRABAN, DSD SELENGGARAKAN FUN GAME PENGHELA

0
112
Suasana Apel Milad Hizbul Wathan Ke-99 Tahun

Surakarta– Dalam rangka memeriahkan Milad Muhammadiyah ke 105 M dan Milad Hizbul Wathan ke-99 Tahun, Dewan Sugli Daerah Hizbul Wathan Kota Surakarta mengadakan Apel Milad Tingkat Penghela. Kegiatan Apel Milad yang diselenggarakan di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta pada hari Jum’at, 17 November 2017. Selain agenda Apel Milad dalam bentuk upacara juga diselenggarakan fun game yang diikuti oleh Dewan Kerabat Qobilah SMA/SMK/MA se- Kota Surakarta.

Kegiatan Apel Milad Hizbul Wathan yang diikuti lebih dari 200 peserta, bertindak sebagai Pembina Apel adalah Drs. H. Joko Riyanto, M. Hum dari Kwarda Hizbul Wathan Kota Surakarta sekaligus Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surakarta.

Dalam amanahnya, Joko Riyanto menyampaikan rasa syukur atas bertambahnya usia Pandu Hizbul Wathan. Walaupun dalam perjalanannya banyak mengalami pasang surut serta ujian yang luar biasa hebatnya terutama dari pemerintah. Tetapi berkat konsistensi serta keistiqomahan para kader hizbul wathan, menjadi pandu satu-satunya milik Muhammadiyah ini hingga saat sekarang masih tetap eksis bahkan semakin berkembang.

Salah satu faktor yang membuat hizbul wathan semakin berkembang adalah senantiasa mengamalkan Undang-undang Pandu Hizbul Wathan. Karena, dalam setiap kalimat dalam UU HW semuanya berisi tentang falsafah kehidupan yang berwatak religius yang dalam hal ini sesuai dengan karakter pandu hizbul wathan yaitu pandu islami.

Walau hujan masih tetap dilanjutkan

Selain itu juga telah termanifestasikan dalam jiwa tentang semboyan sedikit bicara banyak bekerja dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Dua nilai ajaran yang senantiasa diajarkan dalam setiap kegiatan hizbul wathan. Tidak hanya berupa teori saja melainkan juga dengan implementasi yang merupakan bagian dari pengamalan ajaran pada diri kader hizbul wathan.

Sementara itu, Mohammad Isnan selaku Ketua Dewan Sugli Daerah Hizbul Wathan Kota Surakarta mengatakan bahwa tujuan diadakannya apel dalam rangka Milad Hizbul Wathan ini adalah sebagai sarana silaturahim antara Dewan Sugli Daerah dengan Dewan Kerabat di Qobilah. Dirinya mengatakan bahwa keberadaan kader hizbul wathan tingkat penghela sangat dibutuhkan dalam setiap kegiatan persyarikatan. Maka selain ajang silaturahim juga sebagai usaha menjalin keakraban serta sharing perkembangan kegiatn Kepanduan Hizbul Wathan di masing-masing qobilah.

Selain kegiatan Apel Milad ini, juga diselenggarakan fun game yaitu membuat pionering berbentuk menara. Sebelum kegiatan ini, DSD Solo juga melakukan monitoring serta pendampingan ke Qobilah Athfal hingga Penghela dalam penyelenggaraan Upacara Memperingati Milad Hizbul Wathan ke- 99 tahun.

Redaksi: Bagian IT dan Humas DSD Solo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here