HW Kendal Gelar Diklat Melati 1 DSD HW

0
123

Kendal, 27 Desember 2017 – Setiap organisasi masyarakat pasti memiliki pendidikan ataupun pelatihan bagi anggotanya, dimana pendidikan atau pelatihan ini bertujuan sebagai peningkatan kapasitas dan kualitas organisasi tersebut. Begitupun Hizbul Wathan yang merupakan satu-satunya organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak dibidang Kepanduan Islam, memiliki caranya sendiri untuk mendidik dan membina anggotanya, agar eksistensi Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan selalu terjaga dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.
Beberapa hari yang lalu telah dilaksanakannya Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) Mandala Melati Satu Ke 3 Tahun 2017, yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kabupaten Kendal, tepatnya pada tanggal 21-25 Desember 2017 bertempat di SMK Muhammadiyah 2 Boja (21 Desember 2017) dan dilanjutkan di Medini & Promasan Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal (21-25 Desember 2017).
Adapun kegiatan ini telah dipersiapkan sejak Bulan Agustus oleh panitia pelaksana kegiatan, mulai dari cheking lokasi, pendataan peserta, dan lain sebagainya. Tujuan diadakannya kegiatan Mandala Melati Satu Ke 3 adalah​:
1. Membudayakan Pandu Hizbul Wathan yang dekat kepada Allah SWT disegala kegiatan.
2. Terwujudnya kader muslim yang berakhlaqul karimah.
3. Mempererat ukhuwah islamiyyah antar pandu Hizbul Wathan.
4. Menempa anggota dewan sughli agar siap mengemban tugasnya sebagai badan pelengkap qobilah serta kwartir.
Kegiatan ini diawali pada hari Kamis, 21 Desember 2017 di SMK Muhammadiyah 2 Boja, dimana registrasi seluruh peserta dimulai sejak pagi. Kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PDM Kendal sekaligus Ketua Kwarda (Ramanda Inu Indarto). Ramanda Inu berpesan agar selama kegiatan ini, baik peserta maupun panitia mampu memanfaatkannya dengan baik, karena akan banyak ilmu yang bisa diambil selama kegaiatan. Semua itu tidak lain dan tidak bukan untuk bekal masa depan kita, dan sebagain awal kebangkitan kembali Hizbul Wathan di Kabupaten Kendal.
Kemudian acara dilanjutkan dengan orientasi kegiatan dan materi ruangan lainnya. Keberangkatan menuju Medini sebagai (starting point) kegiatan adalah pukul 16.00 WIB. Sesampainya di Medini, hujan deras mengguyur Gunung Ungaran disertai angin dan petir, membuat kegiatan dihentikan sejenak, dan berteduh di Masjid Medini. Kemudian setelah berhenti, baru perjalanan kami lanjutkan, yaitu berjalan kaki menuju Desa Candi Promasan.


Acara diklat diisi dengan materi pendalaman SKT (Syarat Kenaikan Tingkat) Taruna Melati 1, diantaranya : Al Islam (Aqidah & Fiqh), KeMuhammadiyahan (Implementasi Ideologi), MPGH (Manajemen Perjalanan Gunung & Hutan), Survival (Teknik Survival dan cara membuat bivak), IMPK (Ilmu Medan Peta dan Kompas), Ke Dewan Sughlian (Manajemen Dewan Sughli), Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) terutama pada kondisi berada dihutan/gunung, Ke Hizbul Wathan an serta penguatan fisik dan mental.
Kegiatan Diklatsar ini melibatkan seluruh Qobilah Penghela di Kwartir Daerah Kabupaten Kendal, dimana seluruh Qobilah mengirimkan kecuali beberapa Qobilah yang berhalangan diantarana SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, SMK Muhammadiyah 5 Darul Arqom Patean, dan MA Muhammadiyah Weleri. Jumlah keseluruhan peserta 25 pandu, dan untuk panitia kegiatan berjumlah terdiri 1 pandu ahli dari Kwartir Daerah Kabupaten Kendal (Ramanda Danang, 6 pandu penghela sebagai instruktur dari alumni Mandala Melati Satu ke 2 Angkatan Sura (Rakanda Ulinuha, Rakanda Ikhwan, Rakanda Dimas, Ayunda Awala, Ayunda Hana, dan Ayunda Dayinta), 4 pandu penuntun Kafilah Jendral Sudirman Qobilah Universitas Muhammadiyah Semarang (Rakanda Faza, Ayunda Citra, Ayunda Zika, dan Ayunda Atun), 4 pandu dari tuan rumah SMK Muhammadiyah 2 Boja (Ramanda Agung, Rakanda Ferga, Ayunda Riska, dan Ayunda Racha).
“Kegiatan yang menarik, melatih kekompakan, disiplin ibadah, disiplin waktu, dan belajar menghargai sesuatu hal meskipun itu remeh” Ujar salah satu peserta.
“Kegiatan yang romantis dan luar biasa. Angkatan Tri Barata harus bisa lebih baik dan lebih baik lagi dalam segala hal, agar tujuan kita bisa diwujudkan bersama-sama” Pesan salah satu instruktur.

Fastabiqul Khoirot !!!

(Dibuat oleh​: Muhammad Taufiq Ulinuha – Ketua Dewan Sughli Daerah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwartir Daerah Kabupaten Kendal, sekaligus ketua panitia pelaksana Diklatsar Mandala Melati 1 Ke 3)

DEWAN SUGHLI DAERAH GKHW KWARDA KENDAL 2017/2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here