Hadiri Semloknas dan Gladian Penuntun Hizbul Wathan 2017

0
192

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan adalah salah satu organisasi otonom (ORTOM) Muhammadiyah yang lahir sejak tahun 1918 M atas perintah K.H Ahmad Dahlan agar Muhammadiyah mendirikan organisasi kepanduan. Hal ini selanjutnya dipelopori oleh Bapak Syarbini dan Bapak Somodirjo, organisasi kepanduan ini pertama kali lahir dengan nama Padvinder Muhammadiyah. Namun seiring berjalannya waktu, pada tahun 1920 nama Padvinder Muhammadiyah diganti menjadi Hizbul Wathan. Hizbul Wathan memiliki arti sangat mulia yaitu Golongan yang cinta tanah air (Madjelis Hizbul Wathan, 1961). Arti kata ini sesuai dengan anjuran Rasulullah bahwasanya mencintai tanah air adalah sebagian dari iman.
Sebagai organisasi kepanduan, Hizbul Wathan didalamnya memiliki model pendidikan yang menarik menantang dan menyenangkan. Disertai dengan keterampilan-ketermpilan bertahn hidup, kader-kader Pandu Hizbul Wathan khususnya Tingkat Peuntun harus bisa mempraktekan ilmunya dimanapun ia berada. Sehingga kegiatan-kegiatan latihan yang dapat menunjang kader Pandu dalam berlatih perlu dimasifkan dan dimksimalkan.
Pelatihan-pelatihan diberbagai macam medan seperti medan gunung hutan, medan tebing dan medan air dilakukan demi terciptanya kader-kader Pandu Hizbul Wathan yang tanggap dan tangguh disegala medan. Meningat keadaan dilapangan sebenarnya akan banyak sekali permasalhan-permasalahan yang kompleks. Sehingga Kader Pandu Hizbul Wathan harus berani tampil ditengah permasalahan tersebut dengan menwarkan solusi-solusi kreatif, inovatif dan efektif. Gladian berasal dari bahasa jaw yaitu “Gladi” yang berarti “latihan” sehingga Gladian bisa diartikan sebagai ajang latihan. Gladian Penuntun Juga sebagai wahana silaturahim dan berbagi pengetahuan antar pandu Penuntun Se-Indonesia.
Seminar dan Loka Karya Nasional (Semiloknas) menjadi moment yang tepat untuk para pengurus Qobilah dan para Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia untuk saling bersilaturahim, serta saling bekerjasama mengembangkan Hizbul Wathan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah masing-masing. Mengingat Muhammadiyah memiliki aset yang begitu besar khususnya di bidang Pendidikan Tinggi, maka aset tersebut harus mampu diperkaya dengan hadirnya organisasi otonom Muhammadiyah (Ortom) khususnya Hizbul Wathan sebagai ortom Muhammadiyah yang memiliki fokus garapan di ranah kepanduan.

Kegiatan Seminar dan Lokakarya Nasional (SEMLOKNAS) & Gladian Penuntun Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Indonesia memiliki ketentuan sebagai berikut :

Nama Kegiatan : Seminar dan Loka Karya Nasional (SEMLOKNAS) & Gladian Penuntun Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se – Indonesia
Tema Kegiatan : Merajut Silaturahim untuk meningkatkan keahlian pandu penuntun, demi eksistensi Hizbul Wathan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Hari, Tanggal : Selasa – Rabu, 25 – 26 Juli 2017 (Agenda SEMLOKNAS)
Selasa – Ahad, 25 – 30 Juli 2017 (Agenda Gladian Penuntun)
Waktu : pukul 08.00 – Selesai

Tempat :
a. Universitas Muhammadiyah Surakrta
b. Waduk Lalung, Karanganyar
c. Desa Bandardawung, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar
d. Desa Tlogodringo, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar.

KETENTUAN PESERTA
1. Peserta Gladian
Peserta Gladian Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Se-Indonesia dalam hal ini diikuti oleh perwakilan masing – masing pangkalan kafilah sejumlah 3 orang. Adapun persyaratan administrasi yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :
1. Mengisi form bidoata peserta
2. Membawa Surat Mandat dari masing-masing pangkalan
3. Membawa surat keterangan sehat dokter
4. Mengisi Form Rencana Perjalanan
5. Membayar Sumbangan wajib peserta (SWP) Gladian RP. 600.000/peserta
6. Membayar Sumbangan wajib organisasi (SWO) Rp. 250.000 / organisasi
7. Pembayaran SWP Di Transfer melalui Bank No. Rekening panitia (tersedia di Juknis) maksimal tanggal 07 Juli 2017.
8. Pembayaran SWO dilakukan pada saat Daftar Ulang Peserta
9. Membawa peralatan yang telah di tentukan (Terlampir)

2. Peserta SEMLOKNAS
Adapun Peserta Seminar dan Loka Karya Nasional (SEMLOKNAS) Hizbul Wathan PTM Se-Indonesia dalam hal ini diikuti oleh perwakilan masing – masing Qobilah PTM, jika ada PTM yang belum terbentuk Qobilah, maka yang mewakili adalah Rektor dan WR. III / WR. IV sejumlah 2 orang. Adapun persyaratan administrasi yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :
1. Mengisi form bidoata peserta
2. Membawa Surat Mandat dari masing-masing pangkalan / Instansi
3. Mengisi Form Rencana Perjalanan
4. Membayar Sumbangan wajib peserta (SWP) Semloknas RP. 450.000/peserta
5. Membayar Sumbangan wajib organisasi (SWO) Rp. 250.000 / organisasi
7 Seminar dan Lokakarya Nasional (SEMLOKNAS) & Gladian Penuntun Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Indonesia Contact Person : Ramanada Djumadi (08122622022), Rakada Ali Mahfudhin (081233014671) 6. Pembayaran SWP Di Transfer melalui Bank No. Rekening panitia (tersedia di Juknis) maksimal tanggal 07 Juli 2017.
7. Pembayaran SWO dilakukan pada saat Daftar Ulang Peserta

FASILITAS PESERTA DAN ORGANISASI
1. Setip Peserta Gladian Hizbul Wathan Kafilah Penuntun Se-Indonesia akan mendapatkan fasilitas kegiatan sebagaimana berikut :
a. Sertifikat Kegiatan
b. Kaos Kegiatan
c. Buku Panduan Kegiatan
d. Badge Keahlian masing-masing kelas
e. Tanda Keikutsertaan kegiatan
f. Makan
g. Snack
h. Alat Tulis
i. Peralatan penunjang Pelatihan
j. Kunjungan Laboratorium Obat Herbal Tawangmangu
2. Setiap Peserta Seminar dan Loka Karya Nasional (SEMLOKNAS) Hizbul Wathan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, akan mendapatkan Fasilitas kegiatan sebagimana berikut :
a. Sertifikat Kegiatan
b. Buku Panduan Kegiatan
c. Tanda Keikutsertaan kegiatan
d. Kaos Kegiatan
e. Makan
f. Snack
g. Alat Tulis
h. Akomodasi Penginapan (Standar HW)
3. Setiap Organisasi / Instansi Kegiatan ini akan mendapatkan Fasilitas sebagaimana berikut :
a. Vandel Kegiatan

SELENGKAPNYA
Download Proposal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here